Senin, 01 Juli 2013

Sejarah Singkat IKAMABSII IKATAN MAHASISWA BAHASA DAN SASTRA INGGRIS SE-INDONESIA (IKAMABSII)

Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris se-Indonesia (IKAMABSII) adalah sebuah organisasi yang mewadahi seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan, Bahasa, dan sastra Inggris se-Indonesia. Organisasi ini telah berusia sekitar 17 tahun dan dalam kurung waktu tersebut telah pernah terjadi duakali perubahan nama sebelum ahirnya menjadi IKAMABSII. Berikut adalah sejarah perjalanan singkat organisasi IKAMABSII.
Sejak tahun 1988 telah disadari perlunya komunikasi antara mahasiswa jurusan sastra inggris se-Indonesia. Untuk itu atas inisiatif sejumlah perguruan tinggi maka diadakanlah pertemuan rutin antara mahasiswa jurusan sastra Inggris se-Indonesia dengan tujuan untuk mempererat hubungan persaudaraan/silaturrahmi dan saling tukar menukar informasi antara mahasiswa jurusan sastra Inggris se-Indonesia dari daerah dan perguruan tinggi yang berbeda beda, disamping untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan seiring dengan perkembangan bangsa.
Pertemuan ini selanjutnya disebut temu kerja komperative (TKK) mahasiswa jurusan sastra Inggris se-Indonesia yang akan menjadi cikal bakal terbentuknya HIMABSII. Temu kerja komperative diadakan sekali dalam dua tahun dengan rangkaian acara seminar dan diskusi mengenai hal hal yang berkaitan dengan sastra Inggris secara umum. Pada tanggal 21-27 mei 1993, dalam TKK IV mahasiswa jurusan sastera Inggris se-Indonesia di universitas Hasanudin Ujung pandang, ide pembentukan sebuah organisasi mahasiswa jurusan sastra Ianggris se-Indonesia semakin mengkristal.
Pada temu kerja komperative IV tersebut disepakati beberapa hal yang penting yaitu pembentukan Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris se-Indonesia (HIMSII), penetapan AD/ART HIMSII dan menunjuk Himpunan mahasiswa jurusan sastra Inggris Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai penyelenggara musyawarah nasional I HIMSII di Medan. Sesuai dengan anggaran dasar HIMSII, organisasi ini merupakan wadah tukar menukar informasi dan mempersatukan pandangan dalam pengembangan ilmu. Sedangkan anggota HIMSII pada waktu itu dibatasi pada jurusan sastra Inggris saja.
Pada tanggal 1-8 Mei 1995 dilaksanakan musyawarah nasional I HIMSII di USU Medan. Pada musyawarah Nasional I ini disepakati bersama pendirian HIMSII pada tanggal 24 Mei 1993 di Ujung Pandang dan disahkan pada tanggal 4 Mei 1995.
Kelahiran ini merupakan wujud pernyataan tulus ikhlas mahasiswa jurusan sastra Inggris untuk menyatukan gerak dan langkah bersama demi tercapainya cita cita perjuangan bangsa Indonesia. Sebagai satu satunya wadah pemersatu mahasiswa jurusan sastra Inggris se-Indonesia, HIMSII berusaha menghimpun segenap potensi mahasiwa jurusan sastara inggris dan potensi mahasiswa secara umum. Sebagai wadah organisasi dan komunikasi serta pengembangan mahasiswa maka HIMSII melaksanakan kaderisasi, penyerap dan penyalur aspirasi serta pengembangan sikap dan watak mahasiswa jurusan sastra inggris se-Indonesia yang mengacu pada peningkatan fisik, moral, dan intelektual yang berorientasi pada pembangunan nasional. Oleh karena itu, dalam kepengurusan HIMSII yang dibatasi selama dua tahun untuk satu periode kepengurusan, program-program dwi tahunannya tidak dapat melepaskan diri dari masalah-masalah kemahasiswaan secara nasional maupun yang berlandaskan GBHO HIMSII.
Musyawarah Nasional pada waktu itu dihadiri utusan-utusan dari 11 perguruan tinggi se-Indonesia Universitas Gajah Mada (UGM), UNS, Universitas Indonesia (UI), UNAND, Universitas Sumatra Utara (USU), Universitas Bung Hatta (UBH), UNIKA, ST.THOMAS, UNHAS, UNDID, dan Universitas DARMA AGUNG.

Pada saat itu dipilih badan pimpinan HIMSII periode 1995-1997 dengan susunan sebagai berikut:
Ketua Umum : Agus Dwi Priyatno (UNS)
Sekertaris Umum : Ari Susanti
Bendahara Umum : Faisal (UNS)
Dan pengurus lainya di tetapkan oleh ketua umum yang terpilih.

Pada tanggal 26 Februari - 3 Maret 1997 dilaksanakan Musyawarah Nasional II HIMSII di UGM Yogyakarta yang mana dihadiri 15 utusan perguruan tinggi se-Indonesia. Adapun pengurus badan pimpinan nasional HIMSII periode 1997-1999 sebagai berikut :
Ketua Umum : Putra Dewangga (UNAND)
Sekertaris Umum : Amady (UNAND)
Wakil Sekertaris Umum : Sandar Nahdar (UNAND)
Bendahara Umum : Tommy (UNS)

Pada tanggal 24-26 Oktober 1999 diadakan Musyawarah Nasinal III HIMSII yang diadakan di Universitas Bung Hatta (UBH). Munas III HIMSII ini dihadiri sejumlah utusan dari 17 perguruan tinggi se-Indonesia. Pada waktu itulah terjadi perombakan besar pada Organisasi ini. Perubahan yang pertama yaitu masuknya FKIP jurusan Bahasa Inggris kedalam HIMSII sehingga otomatis nama HIMSII berubah menjadi HIMABSII ( Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris se-Indonesia).
Pada Munas III ini terbentuk kepengurusan baru dengan struktur sebagai berikut :
Ketua Umum : Citra Ayu (Uiversitas Bung Hatta)
Sekertaris Umum : Dedy Kurniawam (UNAND)
Bendahara Umum : Bakri Yusuf (Uiversitas Bung Hatta)

Pada tanggal 10-14 September 2001 diadakan Musyawarah Nasional IV HIMABSII (Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris se-Indonesia) di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta adapun susunan pengurus HIMABSII periode ini sebagai berikut :
Ketua Umum : Fima Rosyidah (UNY)
Sekertaris Umum : Bambang Teja Basuki (UNY)
Sekertaris I : Oktarianti ( UGM)
Bendahara Umum : Alloysius Ditto (USD)
Kord. Pengembangan Organisas : Bonivasius DP (USD)
Kord. Kajian dan Informasi : Indrastuti (UNAIR)
Kord. Pengabdian Masyarakat : Eri Kurniawan (UPI)
Kord. Pendanaan Organisai : Lis Rohlia (UAD)

Pada tanggal 15-17 September 2003 diadakan MUNAS V HIMABSII di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Pada penyelenggaraan MUNAS kali ini dihadiri sekitar 16 Universitas dan peserta 40 orang. Universitas yang hadir ialah (UPI, USD, UNAIR, UAD, USU, STKIP BALE Bandung, UNP, UMSU, UNY, UMD, UKI, UNDIP, UNEJ, UIN, UGM, UNPAS).
Adapun susunan pengurus HIMABSII periode kali ini sebagai berikut :
Ketua : Jaka Pratama (UPI)
Sekertaris : Nurul Anwar (UIN)
Bendahara : Wilan Nurhayati (STKIP Bale Bandung)
Kadiv Kesekertariatan : Arie Firmansyah (UPI)
Kadiv DPO : Dedan Rahmat Hidayat (UPI)
Kadiv Dana & Usaha : Zulkifli (USU)
Kadiv Komunikasi : Andika Priadi Putra (USD)
Pada priode pengurusan HIMABSII 2003-2005 diadakan MUSKERNAS yang dihadiri 22 Universitas yaitu (UBH, ULK, UNB, UMB, UJ, UBN, UI, UPI, UIN, USWTS, UTY, UNY, UGM, USD, UNAIR, UWP, UNBRAW, UIJ, UNEJ, UM, UMI, dan IAIN Ujung Pandang).
Pada periode kali ini untuk kali pertama disepakati adanya partner DPP (Dewan pimpinan Pusat) yakni DPN (Dewan Pengawas Nasional) yakni seperti MPR yang membahas undang-undang dan mengawasi kinerja dari Dewan Pimpinan Pusat. Dan untuk pertama kalinya DPN (Dewan Pengawas Nasional) Terpilihnya saudara Jaswadi dari Universitas Jember Jawa timur.
Pada tanggal 24-26 September 2005 diadakan MUNAS VI HIMABSII (Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Ingris se-Indonesia) di Universitas Jember Jawa Timur. Pada MUNAS kali ini dihadiri sekitar 55 delegasi dari berbagai Universitas se-Indonesia.
Adapun susunan pengurus HIMABSII periode kali ini ialah sebagai berikut:
Ketua Umum : Widi Nazmuddin(UNJ)
Seketaris Umum : Avry Mirya Wahidya
Bendaharar Umum : Juwariah
KA.Div.Pengembangan Keuangan : Asep Gunawan
KA.Div.Informasi dan Komunikasi : Supriadi
KA.Div.Pengembangan Organisasi : Umar Chandi
KA.Div.Kajian dan Pengabdian Masyarakat: Rina Wahyuni
Pada periode ini juga dipilih Dewan Pengawas Nasional yakni yang diketuai oleh saudara Yusradi Usman yang berasal dari Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

Pada tanggal 6-9 September 2007 diadakan MUNAS VII HIMABSII (Himpunan Mahasiswa Bahasa dan sastra Inggris se Indonesia) di Universitas Tadulako Palu Sulawesi Tengah. Pada Munas kali ini dihadiri sekitar 38 delegasi dari berbagai Universitas seluruh Indonesia. Dan pada MUNAS ini terpilih saudara Adli Azhari Rokan(USU) sebagai ketua umum dewan pimpinan pusat dan saudara Tazakka Singgih (UNJ) sebagai ketua umum Dewan Pengawas Nasional, dan untuk susunan lengkap pengurusan ini akan disahkan pada MUSKERNAS Maret 2008.

Pada tanggal 6-8 April 2010 diadakan Musyawarah Nasinal VIII HIMABSII yang diadakan di Universitas Islam Kalimantan (UNISKA). Munas VIII HIMABSII ini dihadiri sejumlah utusan dari 14 perguruan tinggi se-Indonesia yaitu : UIN Malang, UIA Jakarta, UB Tarakan, UNINUS Bandung, UNDIP Semarang, UNTUD Palu, UNIKARTA Tenggarong, UWIGAMA Samarinda, UNMUL Samarinda, UNISKA Banjarmasin, UNLAM Kalsel, STKIP PGRI Kalsel, STIBA Kalsel, dan IAIN Antasari Kalsel.

Pada waktu itulah terjadi perubahan nama pada organisasi ini sesuai keputusan DIKTI yaitu organisasi yang bersekala nasional harus menggunakan nama Ikatan tidak boleh Himpunan. Sehingga otomatis nama HIMABSII berubah menjadi IKAMABSII (Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris se-Indonesia). Dan Munas pun yang tadinya di adakan dua tahun sekali menjadi satu tahun sekali.
Adapun susunan pengurus IKAMABSII periode kali ini sebagai berikut:
Ketua Umum : Mohamad Feri (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Seketaris Umum : Fakhrunnisa P (UIA Jakarta)
Bendaharar Umum : Suryani (Univ. Borneo Tarakan)

KA.Div.Pengembangan Keuangan : Merry Chemestriana (UNISKA Banjarmasin)
Anggota : Abdul Razak (Univ. Borneo)

KA.Div.Informasi dan Komunikasi : Nurdin Syidik (Uninus Bandung)
Anggota : Faizal Fajar (Undip Semarang), Muhammad Hamka (Untud Palu)

KA.Div.Pengembangan Organisasi : Otniel Lambe A (Undip Semarang)
Anggota : Rachel Wagosina (UWIGAMA Samarinda), Abdul Rais Tamrin (UNMUL Samarinda), Nina Yanti (UNISKA Banjarmasin), Ainul Wafiq (UIN Maulana Malik Ibrahim)

KA.Div. P3M : Rifka Pratama (Undip Semarang)
Anggota : Indrawan (Unikarta Tenggarong), Nurjanah Kusuma Yanti (Unikarta Tenggarong)
Pada periode ini juga dipilih Dewan Pengawas Nasional yakni yang diketuai oleh saudara Jems yang berasal dari Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) Kalimantan Selatan.

1 komentar:

  1. Salam kenal, kak.
    Saya Destia dari USBI (Universitas Siswa Bangsa Internasional) atau yang lebih dikenal orang sebagai Sampoerna University. Saya mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris dan ingin tahu bagaimana caranya untuk bergabung dalam himpunan mahasiswa ini.
    Terima kasih atas perhatiannya.

    Salam,
    Destia El Aisyah P

    BalasHapus